Cara Melakukan Promosi Yang Tepat Guna

Kita semua pasti telah mengetahui yang namanya bisnis itu pastilah identik dengan dagang dan yang namanya dagang itu pastilah mencari pembeli. Sedangkan untuk mendatangkan pembeli pastilah membutuhkan sebuah kegiatan yang disebut promosi.

Berbicara masalah promosi, sangat banyak yang bisa dibicarakan dan dikaji. Diantaranya adalah mdia promosi, cara melakukan promosi dan target promosi. Media promosi yang sering digunakan oleh banyak orang adalah media cetak, media elektronik, brosur, baliho, spanduk dan masih bayak lagi.

Khusus untuk bisnis dibidang server isi ulang pulsa saya meyakini baru sekitar 5% server yang telah bisa melakukan promosi secara tepat. Mayoritas melakukan promosi tanpa ada acuan dan target yang jelas. Padahal namanya promosi yang bagus itu harus ada minimal 3 unsur :

  • Jangka waktu promosi.

Promosi yang benar itu harus ada jangka waktu. Jika promosi dilakukan dengan cara menurunkan harga, maka jika jangka waktu habis harga harus kembali seperti semula. Namun jika memang dimungkinkan untuk dilakukan perpanjangan waktu maka harus dievaluasi terlebihdahulu.

Jangka waktu sangat penting untuk acuan sekaligus mengingatkan untuk dilakukan evaluasi. Agar promosi itu benar – benar tepat secara waktu dan sasaran.

  • Target yang hendak dicapai.

Saya meyakini semua orang setiap melakukan promosi pasti memiliki target yang hendak dicapai. Namun hanya sedikit diantara kita yang memahami perlunya dilakukan pendefinisian secara lebih detail tentang target promosi yang hendak dicapai.

Khusus untuk bisnis dibidang server isi ulang pulsa target bisa dilakukan denganh memberikan patokan jumlah transaksi atau jumlah agen yang hendak dicapai. Misal dengan melakukan promosi selama 10 hari maka ditargetkan jumlah transaksi akan naik 25% atau akan menarik agen 100 orang. Jadi di akhir masa promosi bisa dievaluasi secara jelas seberapa persen tingkat keberhasilan promosi yang telah dilakukan dan jika belum berhasil maka dapat dievaluasi apa penyebab kegagalan promosi tersebut. Bisa saja karena metode yang tidak tepat, media yang tidak tepat, waktu yang kurang dan sebagainya.

  • Anggaran promosi.

Bagaimanapun juga promosi itu pastilah membutuhkan anggaran. Hal inilah yang sering diabaikan oleh pemain server isi ulang pulsa. Mereka kebanyakan melakukan promosi dengan menurunkan harga dengan tanpa acuan. Akhirnya sering yang terjadi setelah dilakukan promosi jumlah transaksi meningkat tajam, namun secara keuntungan malah sebaliknya. Menurun dan bahkan anjlok. Kalau sudah seperti ini maka harus kembali ke tujuan awal. Anda mau mencari jumlah transaksi atau keuntungan?

  • Metode atau strategi promosi.

Metode atau strategi itu mungkin dapat diistilahkan sebagai uratnya dari sebuah kegiatan. Tanpa adanya strategi maka promosi tidak akan berjalan dengan baik. Contoh strategi dalam melakukan promosi dibisnis server isi ulang pulsa adalah dengan melakukan subsidi silang terhadap produk tertentu, memberikan diskon untuk yang melakukan deposit minimal tertentu, memberikan bonus khusus dan sebagainya.

Pos ini dipublikasikan di Manajemen Server Pulsa, Promotion Trick, Server Pulsa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s