Cara Membuat Pembukuan Server Pulsa

Mengapa Mayoritas server isi ulang pulsa belum memiliki pembukuan yang jelas???

Jawabnya sungguh menggelikan. Antara bisa dimaklumi dengan tidak bisa ditoleransi. Karena rata – rata usaha server isi ulang pulsa adalah semacam usaha rumahan atau dalam isitilah keren nya home industry, maka yang mengelola pun biasanya pas-pasan. Bisa dalam arti pas-pasan kemampuannya, waktunya dan jumlah tenaga kerja yang mengerjakannya.

Tidak sedikit usaha server isi ulang pulsa yang dikelola oleh satu orang saja. Menangani semua kegiatan. Dari masalah pengoperasian sistem, menangani komplain, mencari stok, dan melakukan kegiatan pemasaran. Maka sudah sangat wajar kalau dia tidak sempat membuat pembukuan karena sudah kecapekan.

Alasan lain mengapa belum dibuatnya pembukuan yang jelas adalah karena masih banyak yang bingung tentang bagaimana cara membuat pembukuan yang mudah dan tepat. Mengingat bisnis server isi ulang pulsa itu bisnis yang berkaitan langsung dengan harga yang fluktuatif. Setiap saat berubah dan kode atau produk yang beraneka ragam.

Khusus bagi anda yang telah meluangkan waktu untuk membaca karya tulis saya ini. Saya akan beritahukan kepada anda bahwa sesungguhnya membuat pembukuan server isi ulang pulsa itu sangatlah mudah. Anda tidak perlu repot – repot menghitung. Tinggal masukan data saja semua laba rugi pasti akan terlihat dengan jelas.

Download disini telah saya buatkan form pembukuan sederhana menggunakan Exel sebagai acuan. Jika anda memahami pengopersian MS Acces anda bisa membuat yang lebih mudah. Prinsipnya, ketika anda membangun usaha maka anda menentukan jumlah modal yang anda keluaran. Termasuk penambahan modal jika sewaktu – waktu dilakukan. Harus tertulis dengan jelas. ( Modal disinis bisa dibagi menjadi 3 macam. Modal berjalan, yaitu untuk stok, Modal mati untuk keperluan pengadaan peralatan dan Modal konsumsi untuk keperluan operasional awal dan promosi ).

Selanjutnya semua keuangan masuk dan keluar harus dicatat. Semua penambahan saldo agen juga harus dicatat. Data – data tersebut tinggal anda masukan dalam form exel. Maka secara otomatis akan terhitung. Anda tinggal membaca kesimpulannya. Terlihat dengan jelas jumlah uang yang masuk, jumlah uang keluar, jumlah stok masuk, jumlah stok keluar, jumlah penambahan saldo agen, jumlah pengurangan saldo agen, jumlah taggungan server, jumlah kekayaan server dan jumlah keuntungan server harian dan keseluruhan.

Pos ini dipublikasikan di Manajemen Server Pulsa, Server Pulsa dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s