Cara Menjaga Loyalitas Konsumen

Banyak pengusaha server isi ulang pulsa melakukan promosi habis – habisan. Baik dengan memberikan potongan harga, bonus deposit, berbagai pemberian hadiah maupun pemasangan iklan yang gencar di berbagai media cetak. Semua itu ditempuh semata – mata hanyalah untuk menjaga loyalitas konsumen atau agen – agennya.

Sayangnya semua itu masih sering tidak diimbangi dengan pemberian pelayanan yang bagus. Masih banyak yang menjadikan konsumen semata – mata hanyalah sebagai ajang bisnis saja. Akibatnya tidak pernah ada saling pengertian. Hubungan yang terjadi terasa kaku.

Padahal konsumen juga orang yang menginginkan sebuah penghargaan. Konsumen bukanlah bawahan anda. Konsumen adalah mitra bisnis anda. Dia berada selevel dengan anda. Maka janganlah pernah anda merasa lebih berkuasa. Jika anda menginginkan loyalitas dari mereka, maka anda harus memperlakukan mereka sebagaimana mestinya. Yaitu jangan semata – mata menjadikan mereka sebagai ajang bisnis belaka. Tetapi jadikanlah teman atau sahabat.

Salah satu cara mendekati konsumen agar selalu merasa terbawa dalam ruang lingkup usaha kita adalah dengan memperbanyak penggunaan kata “kita” dan memperkecil penggunaan kata “kami”. Kelihatannya memang sangat sederhana. Cuma bahasa. Tetapi dampaknya sangat luar biasa.

Coba renungkan, jika kita menggunakan kata “kita” maka konsumen pun akan merasa bagian dari perusahaan kita. Ini sangat penting pada saat proses penanganan komplain dan menutupi kekurangan dari produk yang kita miliki. Jika anda menggunakan kata “kami” maka konsumen tidak merasa bagian dari perusahaan anda. Dia tidak akan pernah mau tahu dengan permasalahan yang sedang anda hadapi. Pendek kata “dengan menggunakan kata “kita” secara tidak langsung kita telah mengajak orang lain untuk ikut memikul beban yang kita miliki, sehingga beban tersebut akan lebih terasa ringan”

Cara lain untuk menjaga loyalitas konsumen adalah dengan memberikan bonus – bonus kejutan. Bonus disini bersifat luas. Bonus tidak harus berupa materi. Bonus bisa saja berupa ucapan selamat ataupun ucapan terimakasih yang dikemas sedemikian sehingga bisa menimbulkan rasa terhormat.

Pos ini dipublikasikan di Manajemen Server Pulsa, Promotion Trick, Server Pulsa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s