Cara Pengadaan SDM

Berlaku untuk semua jenis bisnis. SDM merupakan komponen terpenting yang menentukan maju mundurnya suatu usaha. SDM yang bermartabat dan berkompetensi tinggi akan membuat usaha maju. Sebaliknya penggunaan SDM yang tidak tepat malah justru membuat usaha semakin kacau.

Mengingat saya bukanlah seorang praktisi dibidang SDM maka saya tidak akan banyak bicara tentang SDM. Saya hanya akan berbicara beberapa prinsip terpenting saja.

Apapun usaha anda, anda sebaiknya memahami kalau SDM itu diadakan dan perlu dikelola secara tepat. Pengelolaan SDM yang tidak tepat bisa berakibat fatal. Dalam posisi tertentu kita cenderung harus memilih membayar lebih mahal daripada menggunakan tenaga kerja yang tidak memiliki kemampuan sesuai yang kita butuhkan. Namun dalam posisi tertentu terkadang kita juga harus mengakomodir tenaga yang kurang memiliki kemampuan. Semua itu memiliki fungsi dan kelebihan masing – masing.

Tenaga kerja yang memiliki kompetensi tinggi cenderung mempunya tuntutan yang lebih tinggi dan memiliki loyalitas yang lebih rendah dibandingkan dengan tenaga kerja yang tidak memiliki kemampuan dasar. Kelebihan dari tenaga kerja terdidik dan terlatih adalah bisa kita pekerjakan secara mandiri untuk menangani suatu pekerjaan. Sedangkan kelebihan dari tenaga kerja yang kurang memiliki kemampuan adalah lebih mudah untuk kita suruh kesana kemari dan tidak jarang memiliki tingkat kejujuran yang lebih tinggi karena mereka umumnya cara berfikirnya masih sangat natural.

Pengambilan tenaga kerja terdidik maupun tidak terdidik itu harus memperhatikan asalnya. Karena tenaga kerja itu selain berfungsi untuk mengerjakan jenis pekerjaan yang kita miliki juga bisa difungsikan sebagai komponen penjaga untuk memperkuat perusahaan. Tenaga kerja kurang terdidik yang difungsikan untuk menangani pekerjaan serabutan dan bidang security sebaiknya diambilkan dari daerah sekitar tempat usaha anda.

MASALAH SDM yang juga harus dipahami adalah bahwa orang itu bisa dibagi menjadi 2. Berotak kanan dan berotak kiri.

Orang berotak kanan secara berfikirnya cenderung lompat – lompat. Cenderung mencari jalan paling singkat jika mengerjakan sesuatu. Sulit untuk diarahkan. Untuk itu orang berotak kanan tidak cocok untuk dipekerjakan dibidang administrasi dan bagian keuangan. Karena sering sekali tingkat ketelitiannya kurang bisa diandalkan. Kekurangan lain dari orang berotak kanan adalah jika dipekerjakan dia dalam posisi tertentu cenderung mengambil ilmu. ( Tingkat loyalitasnya relatif lebih rendah ). Orang berotak kanan cenderung lebih bagus dipekerjakan sebagai kepala cabang maupun manager ( bidang kepemimpinan ) karena pada umumnya memiliki daya inisiatif, ketabahan dan keuletan serta kewibawaan yang lebih tinggi.

Kemudian BAGAIMANA DENGAN ORANG BEROTAK KIRI???

Orang berotak kiri secara berfikirnya cenderung lebih runtut. Step by Step. Tidak macem – macem. Pokoknya Oke Bos. Oleh sebab itu orang seperti ini akan lebih cocok ditempatkan pada bidang administrasi, accounting, security, kurir, dan bagian kerja lain yang menuntut tingkat ketelitian dan loyalitas.

Orang berotak kiri cenderung lebih mudah untuk diarahkan. Mempunyai loyalitas yang lebih tinggi. Namun dalam posisi tertentu cenderung lebih mudah mengalami stress dan menuntut gaji yang lebih. Karena suatu hal yang dia butuhkan adalah kesejahteraan dan gaji yang cukup. Ketidakcocokan terhadap pimpinan cenderung ditunjukan dengan diam dan aksi – aksi lain yang memperlihatkan kelesuan sehingga hasil kerjanya tidak maksimal.

Dari uraian saya di atas jelasnya kalau kita mencari karyawan yang mudah untuk diatur maka sebaiknya carilah orang yang berotak kiri. Sedangkan jika kita mencari teman sebagai rekan bisnis atau mencari orang yang tujuannya untuk memberikan inovasi terhadap perusahaan anda maka carilah orang yang berotak kanan.

Kemudian dalam kenyataan di dunia usaha. Seorang owner rata – rata adalah orang yang berotak kanan. Jadi mereka pada umumnya tidak ahli dibidang pembukuan.Lebih banyak mengedepankan sebuah visi misi dan menciptakan teori – teori akselerasi pencapaian tujuan perusahaanya. Oleh sebab itu sudah seharusnya anda juga menggunakan prinsip pengangkatan tenaga kerja yang benar. APAPUN USAHA ANDA jika sudah mengalami perkembangan, MASALAH ADMINISTRASI ADALAH MASALAH PERTAMA YANG DISERAHKAN ATAU DIDELEGASIKAN KE ORANG LAIN SEDANGKAN MASALAH TERAKHIR YANG DISERAHKAN KE ORANG LAIN ADALAH MASALAH SDM.

Tidak ada istilah percaya 100%. Termasuk ke orang terdekat anda. Jika diperlukan penambahan tenaga kerja maka semua harus anda ketahui sendiri selaku seorang owner. Jangan pernah berkata pada orang kepercayaan anda kalau dia bebas mencari pembantu jika diperlukan. Orang kepercayaan anda hanya berhak mengajukan. Sedangkan keputusan tetap berada di tangan anda.

Pos ini dipublikasikan di Manajemen Server Pulsa, Server Pulsa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s