Pengertian Bisnis Pulsa

Indonesia adalah negara besar yang ditandai dengan jumlah penduduk yang besar dan wilayah yang cukup luas. Hal ini sangat baik bagi kita selaku orang – orang yang berjiwa bisnis. Ditambah lagi Indonesia juga termasuk negara konsumen.

Dengan bermodalkan tinggal di negara besar dengan masyarakat yang bersifat konsumtif kita semua dapat dengan relatif mudah mengembangkan bisnis retail. Salah satu bisnis retail yang populer adalah pendistribusian voucher isi ulang pulsa.

Bisnis Pulsa? Ya Bisnis Pulsa! Mengapa???

Bisnis pulsa memiliki kelebihan dibandingkan dengan bisnis lain. Diantaranya adalah :

  1. Produk termasuk barang konsumsi, sehingga tidak perlu banyak melakukan promosi pun pasti akan laku. Jika terpaksanya tidak laku pun bisa digunakan sendiri. Anda pasti butuh pulsa kan..!!!
  2. Produk merupakan barang elektronik. Sehingga proses transfernya relatif lebih cepat dan aman. Tidak ada resiko dalam pengiriman barang. Karena tidak perlu menggunakan jasa ekspedisi.
  3. Modal relatif terjangkau. Sehingga dapat dilakukan siapa saja.
  4. Peralatan sangat sederhana. Cukup dengan menggunakan HP pribadi saja sudah bisa menjalankan bisnis. Khusus bagi Usaha Server Isi Ulang Pulsa perlu penambahan sedikit perangkat software dan komputer.
  5. Produk yang flexibel dan tidak akan busuk.
  6. Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
  7. Bisa dilakukan secara mandiri. Artinya cukup dijalankan awal saja, bisnis bisa jalan dengan sendirinya.

Mungkin diantara anda masih ada yang belum paham tentang bisnis pulsa. Bisnis pulsa itu sangat luas. Kita bisa berbisnis pulsa secara kecil – kecilan yaitu sebagai retailer jalan, bisa sebagai outlet, bisa sebagai server dan bisa juga sebagai Autorizhed Dealer dari masing – masing provider. ( Dalam hal ini pembahasan akan dilakukan pada Pembuatan Bisnis Server Isi Ulang Pulsa ).

Untuk lebih memperjelas tentang bisnis pulsa sedikit akan kita definisikan. Yang perlu diketahui bahwa dalam bisnis pulsa itu ada beberapa pengertian yang biasa digunakan yaitu :

  1. Agen pulsa : Member dari sebuah server isi ulang pulsa yang bisnisnya menjual langsung produk server isi ulang pulsa ke konsumen. Dalam hal ini bisa berupa outlet maupun perseorangan. Modal yang digunakan pun sangat kecil. Rata – rata minimal Rp.50.000,- plus sebuah HP saja sudah bisa menjadi agen. Sudah bisa berjualan pulsa.
  2. Master atau Dealer : Master dan Dealer pulsa adalah seseorang yang bergabung dalam suatu bisnis server isi ulang pulsa ( Member Server yang memiliki beberapa fasilitas ). Disini Master dan Dealer bisa mendaftarkan orang lain untuk menjadi agen pulsa dibawahnya. Sebagai keuntungannya, dia bisa melakukan mark up harga. Misal harga dasar simpati 5000 dia mendapat harga dasar dari server 5100, maka dia bisa menaikan untuk agen dibawahnya menjadi 5300. Selesih Rp.200,- itulah keuntungan Master atau Dealer.

Keuntungan Master dan Dealer itu memang kelihatan sangat kecil, namun jika dia memiliki banyak agen tentu akan menjadi banyak. Misalkan saja Master memiliki 100 agen dengan masing – masing agen malakukan penjualan pulsa atau transaksi ( trx ) 10 transaksi per hari maka keuntungan atau lazim disebut bonus Master dalam sehari adalah 100 x 10 x Rp.200 = Rp.200.000,- ( waow..Mantaaappp..!!! )

Lalu Mengapa ada istilah Master dan Dealer? Apa bedanya ?

Master dan dealer itu saat ini sama saja. Untuk beberapa tahun yang lalu memang ada perbedaan yang mencolok karena rantai bisnis server isi ulang pulsa bisa panjang. Namun sekarang rata – rata dibawah server itu hanya ada Dealer dan agen.

Berbeda dengan dahulu yang ada Master, lalu dibawah Master ada Dealer, dibawah Dealer ada agen1, dibawah agen1 ada agen2 dan seterusnya.

  1. Server Isi Ulang Pulsa : Usaha pendistribusian voucher isi ulang pulsa yang memanfaatkan aplikasi khusus berupa software server yang sengaja dirancang untuk keperluan bisnis pulsa. Sebagai bahan pengayaan pengetahuan, perlu diketahui jika kita akan menjalankan bisnis pulsa itu masalah stok siapa saja bisa langsung mendapatan dari Dealer semua Provider ( Penyedia layanan jaringan. Misal TELKOMSEL, INDOSAT, XL Dll ). Namun jika semua stok langsung mengambil ke Dealer Provider Yang Bersangkutan, maka modal yang diperlukan menjadi sangat besar. Hanya untuk stok saja bisa membutuhkan modal sampai berjuta – juta dan bahkan ratusan juta untuk bisa mencapai target agar mendapatkan harga yang relatif lebih murah.

KALAU SEPERTI ITU SIAPA YANG BISA BISNIS PULSA ??? PASTI HANYA SEDIKIT YANG KUAT KAN !!!

Itulah peluang Server Isi ulang pulsa. Dengan adanya Server Isi Ulang Pulsa siapa saja bisa berjualan pulsa. Kenapa ?

Karena dengan adanya server isi ulang pulsa masalah permodalan bisa ditekan. Cukup puluhan ribu saja orang sudah bisa bisnis pulsa. Lalu siapa yang menyediakan modal? Apakah Pemilik Server Isi Ulang Pulsa ?

Jawabnya Iya. Namun Juga tidak.!

Iya, karena untuk membuat usaha server isi ulang pulsa memang dibutuhkan permodalan, minimal komputer, 2 HP dan kabel datanya dan software server. Plus stok hanya untuk awal – awal saja.

Setelah memiliki mesin server isi ulang pulsa dan stok beberapa juta saja. Bahkan beberapa ratus ribu saja kita sudah bisa mencari agen. Kita sudah bisa menarik modal dari agen. Kok dibilang Modal? Ya. Karena jika akan bergabung dalam bisnis pulsa dibawah server, maka Dealer dan agen harus membayar deposit terlebih dahulu. Depositnya tersebut akan berkurang setiap kali agen melakukan penjualan pulsa sebesar harga dasar yang diberikan server.

Jelasnya, server isi ulang pulsa itu merupakan penghubung antara Dealer dan agen dengan provider. Karena adanya agen yang banyak maka permodalan server menjadi besar. Sehingga mendapatkan stok yang relatif murah.

Karena adanya Server Isi Ulang Pulsa, maka cukup dengan modal yang kecil saja orang bilsa melakukan penjualan pulsa berbagai denominsi dan berbagai kartu ( all operator ).

  1. Dealer Provider : Agen Pemasaran resmi dari provider penyedia layanan jaringan. Misalkan ada Dealer indosat, Dealer XL, Dealer Telkomsel dll. Alamat Dealer di kota anda dapat ditanyakan pada gerai layanan konsumen. Misal Gerai Indosat, GraPari Telkomsel dll.

Itulah beberapa istilah yang sering digunakan dalam bisnis server isi ulang pulsa. Selanjutnya, saya yakin anda pasti bertanya – tanya darimana pemilik Server Isi ulang pulsa akan mendapatkan keuntungan dan berapa rata – rata keuntungan per penjualan?

Pertanyaan yang sangat wajar dan tentunya harus saya jawab secara realistis. Bisnis Server Isi Ulang Pulsa adalah bisnis dengan putaran uang yang sangat cepat. Besarnya keuntungan tergantung dari kecepatan putaran uang yang dimainkan. Rata – rata seorang pemilik server isi ulang pulsa mengambil keuntungan tidak lebih dari Rp.300,- per penjualan.

Kelihatannya memang kecil, tetapi coba kita sedikit membuat perhitungan. Jik kita memiliki 100 agen dengan jumlah deposit masing – masing Rp.500.000,- plus jumlah transaksi masing – masing 10 transaksi per hari dan server mengambil keuntungan rata – rata Rp.200 per penjualan, maka :

Jumlah modal yang dipercayakan kekita untuk dikelola adalah 100xRp.500.000 = Rp.50.000.000,- sedangkan jumlah keuntungan Server Isi Ulang Pulsa dalam sehari adalah 10x100xRp.200 = Rp.200.000,- Keuntungan dalam sebulan 30xRp.200.000 = Rp.6.000.000,- Misal itu anda mengangkat 2 orang karyawan, maka paling tidak anda masih akan menikmati hasil sekitar 3 juta-an sebulan. Seangkan anda tinggal duduk manis. Keuntungan itu pun bukan harga mati, semakin anda rajin mencari agen maka semakin banyak agen akan anda miliki. Semakin banyak agen berarti semakin banyak keuntungan akan anda dapatkan.

Pos ini dipublikasikan di Server Pulsa dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pengertian Bisnis Pulsa

  1. berita indonesia berkata:

    trims buat postingani ini, mampir juga ke blog saya ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s