Pentingnya Membuat Pembukuan

Sungguh ironis tapi ini adalah realita. Mayoritas server isi ulang pulsa di Indonesia tidak memiliki pembukuan yang jelas. Banyak yang asal – asalan. Banyak yang tidak pernah mencatat antara keuangan masuk dan yang keluar. Banyak yang tidak mengetahui jumlah laba maupun rugi secara pasti.

Sebuah prediksi saya yang selama ini tidak pernah ada yang membantah adalah bahwa sekitar 90% server isi ulang pulsa di Indonesia tidak memiliki pembukuan yang jelas, Sekita r 25% server isi ulang pulsa di Indonesia mengalami minus, Sekitar 25 % server isi ulang pulsa di Indonesia posisi stok yang dimiliki sama dengan jumlah tanggungan saldo agen dan bon suplaier, sekitar 25% server isi ulang pulsa di Indonesia jumlah stok yang dimiliki lebih besar dari tanggungan atau saldo agen namun belum jelas dia dalam posisi laba atau rugi dan hanya sekitar 25% saja yang benar – benar mengalami keuntungan.

DENGAN KATA LAIN bukan bermaksud menakut – nakuti…dapat diprediksi dalam waktu 1 sampai dengan 3 tahun lagi paling tidak ada sekitar 25% server isi ulang pulsa di Indonesia akan tutup. Ironisnya sekitar 5% sampai dengan 15% akan tutup dengan keadaan pailit plus menyisakan lubang yang dalam. ANDA TIDAK PERLU TAKUT… ini prediksi. Bukan harga mati. Semua itu hanya akan bisa dihindari jika anda mulai sekarang menerapkan sistem pembukuan yang jelas. Karena dasar dari semua bisnis adalah pembukuan keuangan yang jelas dan transparan. Tanpa itu maka tidak akan pernah ada yang namanya kejayaan. Yang akan ada hanyalah kebangkrutan dan penderitaan.

BAGI YANG TIDAK PERCAYA DENGAN PREDIKSI SAYA, SILAKAN LAKUKAN PENELITIAN. Ini saya berani membuat semacam prediksi berdasarkan pengamatan bertahun – tahun dengan menjelajahi satu kota ke kota lain dan dari Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Jadi prediksi saya hanya bisa dibantah dengan fakta setelah anda lakukan penelitian secara detail.

Apapun bisnis anda, siapapun anda, berapapun omset anda dan seperti apapun keadaan keuangan usaha anda yakinlah sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai membuat pembukuan yang jelas. Jangan sampai anda menyesal. Jangan menunggu sampai kenyataan pahit menimpa anda. Sebab sekuat apapun anda dan secerdas apapun anda, tak pernah ada jaminan kalau anda akan selalu tegar menghadapi setiap kenyataan hidup yang memilukan.

BERDASARKAN PENGALAMAN DAN PENGAMATAN bertahun – tahun di banyak usaha server isi ulang pulsa dan usaha – usaha lainnya. Terutama yang dikelola perseorangan atau semacam home industry, rata – rata mereka menunda untuk merapikan sistem administrasi. Ketika saya bertanya kepada mereka tentang pembukuan usahanya, mereka banyak yang menjawab belum terlalu penting untuk membuat pembukuan karena jumlah transaksi dan keuntungan masih sangat kecil. Belum seimbang antara pemasukan dengan pengeluaran. Jadi apa yang harus dibukukan. Kata mereka.

Sungguh pemikiran yang menyesatkan. Padahal jika mereka memahami semakin besar suatu usaha maka semakin banyak pula urusan yang harus diselesaikan. Semakin banyak jumlah transaksi maka semakin banyak pula peluang terjadinya komplain dari konsumen.

Posisi paling riskan yang berpeluang menimbulkan minus dalam kegiatan pengelolaan usaha adalah ketika usaha tersebut masih dalam taraf pertumbuhan. Dimana jumlah pemasukan dengan pengeluaran masih sama atau bahkan masih lebih besar pengeluaran. Dalam posisi seperti ini jika tidak dibarengi dengan adanya sistem pembukuan yang jelas maka ada kemungkinan besar terjadi minus yang besarnya tidak diduga – duga. Sehingga sering menimbulkan tanda tanya. Menimbulkan rasa tidak percaya kalau samapai terjadi minus yang besar.

Catatan :

Dalam dunia usaha kelas menengah kebawah pengeluaran – pengeluaran yang tercatat biasanya hanyalah pengeluaran besar semacam gaji dan uang makan karyawan saja. Sedangkan pengeluaran kecil yang sering dilakukan justru malah tidak terkontrol. Seperti pengeluaran untuk keperluan pembelian bensin, pulpen, kertas, isi pulsa sender, isi pulsa komunikasi, cemilan ketika ada tamu, bea parkir kendaraan, dan masih banyak lagi. Padahal pengeluaran kecil yang sering dilakukan itu dalam kenyataanya justru malah lebih besar dari pengeluaran yang selama ini mereka anggap besar.

Pos ini dipublikasikan di Manajemen Server Pulsa, Server Pulsa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pentingnya Membuat Pembukuan

  1. This is my second visit to this blog. We are starting a new initiative in the same category as this blog. Your blog provided us with important information to work on. You have done a marvellous job.

  2. This is my second visit to this blog. We are starting a new initiative in the same category as this blog. Your blog provided us with valuable information to work on. You have done a admirable job.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s